Kisah Inspiratif Dari 10 Orang Terkaya Di Indonesia

Kesuksesan adalah impian setiap orang. Namun, untuk mencapainya dibutuhkan perjuangan yang tidak main-main. Tidak ada kesuksesan yang datang dengan sendirinya. Begitu pula dengan kesuksesan yang telah diraih oleh 10 orang terkaya di Indonesia. Banyak orang mengira begitu mudahnya menjadi sukses seperti mereka. Padahal, tidak jarang dari orang-orang sukses tersebut yang harus mengalami jatuh bangun hingga perusahaan mereka bisa sukses seperti sekarang. Berikut kisahnya.

Keluarga Hartono

Siapa yang tidak kenal dengan Hartono bersaudara yaitu Michael Hartono dan Robert Hartono. Dua bersaudara yang telah sukses meneruskan bisnis ayahnya yaitu PT. Djarum. Mungkin kini kita melihat PT. Djarum sebagai salah satu perusahaan rokok yang paling besar di Indonesia. Namun, sebetulnya pabrik rokok tersebut pernah hangus terbakar pada tahun 1963. Kemudian tidak lama setelah kecelakaan tersebut, Hartono selaku pemilik pabrik rokok Djarum meninggal dunia. Kedua anak mendiang Hartono yaitu Michael Hartono dan Robert Hartono, kemudian memutuskan diri untuk tidak melanjutkan pendidikan mereka di Universitas Diponegoro. Hal tersebut bertujuan agar mereka dapat menyelamatkan usaha keluarga. Sampai pada akhirnya, kini mereka telah berhasil menjadi salah satu dari 10 orang terkaya di Indonesia.

Anthoni Salim

Tidak berbeda dengan keluarga Hartono, Anthoni Salim yang merupakan pemilik dari perusahaan kenamaan di Indonesia yaitu Bogasari dan Indofood, juga pernah mengalami kebangkrutan yang sangat besar pada saat krisis moneter melanda Indonesia. Pada saat itu, dia harus menjual bank miliknya yaitu Bank Central Asia untuk menutup hutang sebesar 55 triliun Rupiah. Selain itu, ada pula perusahaan lainnya yang juga harus dia jual yaitu Indomobil dan Indocement. Namun, meski dia telah mengalami kebangkrutan yang teramat besar, dia tidak menyerah begitu saja. Berkat kegigihannya, kini dia telah menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan sebesar 144 triliun Rupiah.

Eka Tjipta Widjaja

Siapa yang tidak kenal dengan Eka Tjipta Widjaja, sang pemilik perusahaan Sinarmas dan beberapa anak perusahaannya yang bergerak di berbagai bidang menjadikannya menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia. Eka Tjipta Widjaja bukanlah seseorang yang lahir dari keluarga kaya, melainkan dia hanyalah seorang anak dari keluarga miskin di Makassar. Bahkan karena orang tuanya tidak memiliki uang, dia hanya bisa menempuh pendidikan hingga tamat Sekolah Dasar Saja.

Sejak kecil dia sudah terbiasa mandiri dengan berjualan aneka permen dan biskuit dengan menggunakan sepeda berkeliling kota Makassar. Berkat kegigihannya, kemudian dia dipercaya oleh seseorang untuk menjadi pemasok permen. Di usianya yang sudah 90 tahun kini dia telah memiliki kekayaan sebesar 138 triliun Rupiah.

Chairul Tanjung

Siapa menyangka orang yang tadinya diberi julukan sebagai “anak singkong” kini telah menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia. Chairul Tanjung, seseorang yang tadinya bukan siapa-siapa dan bukan berasal dari kota ini, kita kenal sebagai pemilik perusahaan CT. Corp. Sejak duduk di bangku kuliah, Chairul Tanjung sudah belajar menjadi seorang pedagang dengan menjual kaus dan buku hasil fotocopy-an.

Kemudian ketika dia sudah lulus kuliah, pernah mendirikan sebuah perusahaan peralatan medis. Namun, sayang perusahaan tersebut harus mengalami kebangkrutan. Tetapi, dia pantang menyerah. Berkat kegigihannya, dia mendapat kepercayaan dari pihak bank untuk memberikan kredit, sehingga dia bisa mendirikan usaha ekspor barang. Kekayaannya kini telah mencapai 68 triliun Rupiah.

Theodore Permadi Rachmat

Menjadi seorang anak dari orang tua yang sudah terlebih dahulu sukses menjadi pengusaha, bukan berarti membuat orang yang biasa disapa dengan nama Teddy Rachmat ini menjadi malas dalam berusaha. Dia mendirikan perusahaan sendiri sebelum akhirnya diminta untuk bergabung dengan perusahaan keluarga. Namun, meski dia masuk ke perusahaan keluarganya sendiri, dia tetap mengawalinya dari posisi yang paling bawah. Dia memulai kariernya menjadi seorang sales. Dan kemudian berkat kegigihannya, kini dia telah mampu mengembangkan Grup perusahaan Astra dan memiliki kekayaan 27 triliun Rupiah.

Dato Sri Tahir

Pemilih Bank Mayapada dan Mayapada Group ini memiliki kekayaan 2,15 miliar Dollar Amerika. Selain itu, dia juga sangat aktif ikut dalam kegiatan amal seperti Bill and Melinda Gates dengan mendirikan Yayasan Tahir.

Sukanto Tanoto

Royal Golden Age yang merupakan salah satu perusahaan kertas, pulp, dan minyak sawit di Indonesia ini adalah merupakan milik dari Sukanto Tanoto. Dengan perusahaan yang dia miliki, kini dia telah memiliki kekayaan 2,7 miliar Dollar Amerika.

Putra Sampoerna

Siapa yang tidak kenal dengan PT. Sampoerna dengan beberapa anak perusahaannya. Putra Sampoerna tidak hanya mampu menjadikan perusahaan rokok yang dimilikinya, namun juga perusahaan multi finance, properti, telekomunikasi, dan juga olahan kayu.

Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia adalah salah satu pengusaha Indonesia yang telah berhasil mengembangkan perusahaannya hingga ke dunia internasional. Dia telah membangun sebuah perusahaan poliester terbesar di Indonesia yaitu Indorama Corp dan memiliki kekayaan  4,5 miliar Dollar Amerika.

Susilo Wonowidjojo

Susilo Wonowidjojo yang merupakan pendiri dari Perusahaan Gudang Garam ini memiliki kekayaan 11 miliar Dollar Amerika. Dia adalah salah satu orang yang memiliki inovasi tinggi dengan memperkenalkan rokok “mild” di Indonesia.