Cara Menjaga Kesehatan Mata dengan Mudah dan Maksimal

Menjaga kesehatan mata jika dipahami dengan baik sebenarnya tidak mudah. Pasalnya Anda perlu memahami apa saja yang menjadi penyebab kerusakan mata dan apa yang mestinya dihindari. Mata adalah sebuah jendela yang digunakan untuk menikmati keindahan dunia, untuk itu wajib sekali untuk selalu dijaga. Memiliki mata dengan kondisi yang normal itu akan menjadi anugerah yang patut untuk disyukuri.

Tanpa memiliki mata yang normal, Anda tidak akan mampu melihat orang-orang sekitar dan orang-orang yang Anda sayangi. Sampai sekarang banyak orang mengabaikan kesehatan organ mata, padahal biaya yang digunakan untuk memelihara kesehatan mata sangatlah mudah. Bahkan hanya dengan perawatan alami pun Anda dapat memaksimalkan fungsi mata dan menjauhkannya dari berbagai penyakit seperti rabut jauh dan dekat, katarak, miopi dan sebagainya.

Kebiasaan Buruk Penyebab Mata Rusak

Ada sejumlah aktivitas yang ternyata mampu menyebabkan kesehatan mata berkurang. Masih banyak yang tak sadar bahwa kebiasaan tersebut ternyata mengganggu kesehatan mata. Kebiasaan buruk yang masih sering terjadi antara lain :

  • Melihat objek terlalu kecil dan jaraknya terlalu dekat

Ternyata terlalu sering melihat objek dengan jarak yang sangat dekat akan menyebabkan otot mata menjadi tegang. Beberapa contoh kegiatan seperti itu adalah, ketika memasukkan benang sebuah jarum, atau menjahit halus, memasang bulu mata dan lain sebagainya. Kegiatan tersebut banyak dilakukan oleh orang, karena memang tuntutan pekerjaan. Namun di sisi lain, dampak yang akan ditanggung adalah kerusakan mata.

  • Membaca buku sembari tiduran

Banyak orang yang mengetahui bahwa membaca buku dengan posisi tiduran hanya akan membuat mata menjadi rusak. Namun meski sudah mengetahuinya, masih tetap ada banyak orang yang melakukannya karena merasa nyaman. Padahal ketika kegiatan ini dilakukan terus menerus, menyebabkan mata menjadi kaku, tegang dan akhirnya rusak. Kerusakan tersebut biasanya berupa rabun jauh, Anda tidak dapat melihat objek dalam jarak jauh.

  • Sering menghadap handphone dan komputer

Meskipun melihat layar handphone dan komputer itu sangat mengasyikkan, namun Ketahuilah bahwa kegiatan itu dapat dengan mudahnya merusak organ mata. Untuk itu Anda harus membatasi penggunaan handphone dan komputer agar mata tetap terjaga dengan baik. Radiasi yang dipancarkan oleh layar handphone dan komputer sangat membahayakan bagi otot mata, jadi lihatlah dalam jarak jauh dan jangan berlebihan.

Cara Menjaga Organ Mata Dengan Baik

Menjaga kesehatan organ mata itu memang patut dilakukan sejak usia dini, jangan sampai menunggu tua dahulu. Meskipun ada beberapa jenis penyakit mata yang dapat disembuhkan, akan tetapi alangkah baiknya Anda menjaga. Sehingga Anda pun tidak memerlukan penanganan dan pengobatan yang serius. Ketika mata sehat, maka orang-orang yang disayangi akan selalu dapat terlihat. Berikut perawatan yang tepat untuk menangani resiko penyakit mata :

  • Mengonsumsi cokelat hitam

Makanan ini mengandung banyak flavonoid, sehingga akan efektif dalam melindungi pembuluh darah. Ketika pembuluh darah terlindungi, maka kornea mata menjadi lebih kokoh. Hal ini tentu menjadi penghalau bagi beragam penyakit mata.

  • Mengonsumsi wortel dan tomat

Banyak yang melakukan riset bahwa wortel dan tomat adalah sayuran yang kandungan vitamin A-nya sangat tinggi. Sehingga wortel pun mampu menyehatkan mata yang mungkin sering terpapar sinar radiasi dari komputer dan juga handphone.

  • Mengonsumsi bayam

Selain mengandung zat besi, di dalam sayur bayam pun mengandung vitamin A. Sehingga kesehatan mata pun akan terjamin ketika Anda mengonsumsi sayur bayam dengan rutin. Kemudian dalam memasaknya Janganlah terlalu matang, karena akan menyebabkan vitamin dan nutrisinya menghilang.