Manfaat Konsumsi Kacang Hijau Untuk Tubuh

Setiap orang pasti menyukai makanan yang berbau kacang hijau, salah satunya bubur kacang hijau. Apa pun jenis makanannya, kacang hijau memang menjadi bahan baku yang sangat lezat. Ternyata selain kelezatannya, kacang hijau ini juga mengandung banyak manfaat untuk tubuh seseorang. Kacang hijau menjadi tanaman yang tepat untuk menggantikan padi, bahkan lebih baik dari pada padi. Untuk lebih jelasnya, manfaat kacang hijau akan kami share dalam bentuk beberapa poin berikut.

5 Manfaat Terbaik Dari Kacang Hijau

Meskipun kacang hijau paling terkenal dijadikan bubur, namun banyak makanan lain yang bahan bakunya dari tanaman tersebut. Contohnya bakpao, kemudian bakpia, roti dan sebagainya. Banyaknya pilihan makanan yang mengandung kacang hijau, menjadikan Anda lebih mudah untuk mengonsumsinya. Ketika Anda rajin mengonsumsinya, maka berikut beberapa dampak positif yang akan dirasa oleh tubuh :

  • Terhindar dari penyakit jantung

Sudah banyak studi yang membuktikan, kacang hijau sangat cepat dalam menurunkan kolesterol yang bersifat jahat. Hal tersebut disebabkan kacang hijau dapat memperbaiki sejumlah pembuluh darah yang telah rusak. Selain itu pembengkakan yang biasanya sering terjadi, setelah mengonsumsi kacang hijau rutin pasti akan terhindar.

  • Terhindar dari kanker

Sama halnya dengan buah manggis, kacang hijau ini juga sangat baik dalam mencegah kanker. Pasalnya kerusakan DNA dan juga mutasi akan dicegah oleh kacang hijau ini. Untuk itu konsumsilah dengan rutin, sehingga kandungan oksidan dalam tubuh juga meningkat. Dengan begitu perkembangan kanker akan ditekan agar tidak sampai muncul.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Dalam kacang hijau terdapat fitronutrien yang dapat menjadi anti pembengkakan. Selain itu kandungan fitronutrien juga akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga bakteri yang berbahaya tidak akan dapat merusak pertahanan sistem imun dan tubuh Anda selalu sehat.

  • Mengurangi rasa sakit efek PMS

Nyeri ketika PMS merupakan hal wajar yang selalu dialami wanita. Rasa nyeri tersebut memang tidak dapat diuraikan berdasar kata-kata, karena memang rasanya yang campur aduk. Namun sekarang dalam mengurangi rasa sakit akibat PMS, Anda dapat memanfaatkan kacang hijau. Kacang hijau murni harus dikonsumsi, dengan begitu vitamin di dalamnya akan mengendalikan fluktuasi hormone penyebab nyeri PMS.

3 Contoh Olahan Kacang Hijau Yang Sehat

Indonesia adalah Negara agraris, sehingga penghasilan para petani pun akan melimpah. Hasil pertanian tidak hanya berupa padi, melainkan umbi-umbian dan biji-bijian seperti kacang hijau. Untuk memperoleh manfaatnya, olahlah kacang hijau sebagai makanan yang lezat. Dengan begitu Anda tidak akan merasa terpaksa ketika mengonsumsinya.

  • Bubur kacang hijau

Jika Anda ingin konsumsi kacang hijau yang utuh, maka konsumsilah buburnya. Banyak warung-warung atau jajanan pinggir jalan yang menjual bubur kacang hijau. Bahkan karena proses pembuatannya yang mudah, banyak masyarakat yang sering membuatnya sendiri di rumah. Jika tertarik, coba cari resep bubur kacang hijau dan praktekkanlah  sendiri.

  • Pudding kacang hijau

Selain dibuat bubur, ternyata kacang hijau ini juga dapat dijadikan sebuah pudding. Pudding merupakan makanan menyegarkan, terutama ketika baru keluar dari kulkas, kemudian cuaca di luar panas dan sangat terik. Puding kacang hijau ini rasanya tak tertandingi, sehingga wajib sekali untuk dicoba.

  • Mageli

Banyak yang belum paham terhadap makanan yang bernama mageli ini. Namun untuk warga Bogor, mageli menjadi makanan yang mudah ditemukan. Rasanya asin dan gurih, sehingga mampu membuat lidah pencicipnya tidak dapat henti untuk memakannya.