Manfaat Gandum Bagi Kesehatan Tubuh

Gandum menjadi salah satu makanan yang benar-benar dianjurkan oleh para menteri Indonesia. Mengapa? karena pertanian Amerika Serikat membeberkan rahasia bahwa makanan yang sehat terbuat dari gandum. Kementerian Amerika Serikat pun menyarankan warganya untuk mengonsumsi gandum secara utuh. Pasalnya gandum itu merupakan sumber serat yang sangat diperlukan dan berguna bagi kesehatan.

Manfaat Tanaman Gandum Utuh Bagi Pengonsumsinya

Di dalam tanaman gandum itu ternyata ada banyak kandungan, seperti serat, protein nabati, mineral, vitamin dan lain sebagainya. Untuk itu sampai sekarang gandum menjadi bahan dasar yang sangat dibutuhkan dalam resep makanan. Agar Anda dapat mengetahui manfaat yang lebih jelas tentang tanaman gandum, berikut penjelasannya :

  • Menyehatkan pencernaan

Dikarenakan gandum mengandung banyak serat, gandum pun menjadi tanaman yang dapat menyehatkan pencernaan. Seseorang yang rutin mengonsumsi gandum atau mengonsumsi gandum maka akan memiliki pencernaan yang sehat dan lancar. Sehingga untuk memperlancar pencernaan tidak memerlukan pencahar.

  • Menurunkan kolesterol

Selain mampu lancarkan pencernaan, kolesterol pun dapat ditekan dengan mengonsumsi gandum. Bahkan dengan gandum, resiko terkena serangan jantung akan berkurang. Itu artinya kesehatan jantung pun akan ikut terjaga dengan baik.

  • Menurunkan gula darah

Gula darah yang tinggi menjadi hal menakutkan. Pasalnya ada sejumlah orang yang meninggal akibat gula darah tersebut. Untuk itu sebelum divonis memiliki gula darah tinggi, cobalah rutin mengonsumsi gandum. Sesuaikan dengan kebutuhan tubuh, sehingga gandum mampu memberi dampak maksimalnya.

  • Mengontrol berat badan

Jika melihat timbangan, banyak yang mengeram ketakutan karena setiap harinya mengalami penambahan berat badan. Itu sangat bisa terjadi karena asupan makanan di dalam tubuh sangat tidak terkontrol. Sehingga menyebabkan berat badan melonjak dengan tajam. Namun gandum utuh dapat dijadikan makanan pengontrol berat badan. Pasalnya gandum akan membuat perut kenyang dalam hitungan waktu yang cukup lama.

3 Contoh Makanan Gandum Yang Utuh

Untuk mendapatkan gandum utuh, bukan berarti Anda mengonsumsi dalam bentuk batangan atau biji. Akan tetapi sudah dalam bentuk olahan dan olahannya sederhana. Sehingga kandungan gandumnya tetap masih utuh dan berguna untuk kesehatan. Berikut 3 makanan yang mengandung gandum utuh dan mudah diperoleh :

  • Roti gandum

Jika Anda pelaku diet atau penderita diabetes, maka roti gandum adalah pilihan. Akan tetapi roti gandum harus non gula, sehingga tidak berasa apa pun. Roti gandum non gula akan memiliki rendah kalori, akan tetapi seratnya banyak. Sehingga meski telah beberapa jam yang lalu mengonsumsi roti gandum, rasa kenyang masih terasa. Untuk lebih lengkapnya lagi, Anda dapat mengombinasikan roti gandum ini dengan sayur, buah dan juga telur.

  • Sereal

Menu sarapan yang sehat serta praktis adalah sereal. Jadi sereal ini merupakan makanan yang bahan bakunya berupa biji gandum, kemudian rendah gula. Sehingga akan mengenyangkan perut Anda sampai berjam-jam. Sereal ini juga dapat dikombinasikan dengan susu. Inilah menu sarapan terbaik untuk Anda dan keluarga, terutama yang masih memiliki anak-anak kecil.

  • Oatmeal

Makanan sehat berikutnya yang mengandung gandum adalah oatmeal. Jadi oatmeal ini akan membantu Anda dalam menjalani hari-hari diet. Hanya dengan 1 porsi oatmeal, maka perut akan sangat kenyang. Umumnya menu sarapan berupa oatmeal akan ditambahkan dengan susu dan juga sebuah yang segar. Sehingga tidak hanya terasa manis dari susu, akan tetapi rasa manis dari buah pun akan dirasakan oleh lidah.